Kursi Raksasa di Cafe & Rest Area Gumitir, Wisata Indah di Perbatasan Jember - Banyuwangi

Wisata Gumitir sajikan keindahan alam dan perkebunan kopi

Wisatawasati - Mungkin, setelah lelah menikmati beberapa object wisata di jember dan sekitarnya, rest area gumitir ini bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya, karena Pemandangan di tempat ini sangat indah dan menawan. Udaranya pun juga sejuk bersahabat, bisa menghilangkan stress sejenak, menyegarkan pikiran sekaligus mengagumi ciptaan-Nya.

Anda bisa meluapkan emosi, melepas lelah sambil beristirahat santai di area yang cukup luas ini. Cafe and rest area gumitir merupakan tempat wisata dengan Panorama alam pegunungan yang Indah serta kawasan perkebunan kopi.

Berada di tepi jalan pada km 39 dari arah jember dan sekitar 60 km dari arah Banyuwangi, lebih tepatnya berada di lokasi kebun kopi yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII (Persero). Bagi Anda yang melintas di jalan gumitir, cafe & rest area ini cukup mudah ditemukan, karena pintu gerbangnya cukup terlihat mencolok dan juga kokoh.

Kursi Raksasa di Cafe & Rest Area Gumitir, Wisata Indah di Perbatasan Jember - Banyuwangi
gumitir.com

Fasilitas dan permainan anak-anak

Untuk memudahkan para pengunjung, di kawasan ini juga menyediakan beberapa fasilitas umum yang memang sangat dibutuhkan oleh mereka yang berkunjung ke tempat wisata agro ini.

Beberapa fasilitas umum tersedia disini, seperti tempat parkir yang luas, tempat ibadah (mushola), toilet, lapangan olahraga dan tempat berkemah. Ya, memang tempat ini selain sebagai rehat, wisata, juga cocok untuk berkemah, pemandangan yang disajikan membawa kepuasan tersendiri pastinya.

Selain fasilitas umum, di sini juga menyediakan beberapa areal permainan anak, seperti outbound, flying fox. Selain itu juga menyediakan beberapa jenis mainan anak-anak seperti ATV yang digunakan anak usia 8 tahun ke atas dan mobil elektrik untuk usia 8 tahun ke bawah.

Kursi kayu raksasa

Di cafe & rest area gumitir ini terdapat kursi raksasa yang terlihat berdiri dengan kokohnya. Mempunyai ukuran 3x3 meter dan tinggi 2,5 meter yang juga dilengkapi dengan tangga.

Awal pembuatan kursi ini adalah dari keinginan membangun gardu pandang di salah satu sisi area cafe Gumitir. Pembuatan kursi juga terinspirasi dari adanya banyak kursi yang ada di dalam cafe, maka dari itu dibuat kursi untuk tempat berteduh dan menikmati pemandangan.

Dengan kursi yang supet besar dan tinggi ini, Anda bisa melihat pemandangan sekitar di lembah gunung gumitir yang luar biasa indahnya. Pemandangan dari atas sangatlah memukau, ditambah suara khas alam, angin santai dan udara yang cukup sejuk.

kursi kayu wisata gumitir
gumitir.com

Kursi raksasa ini terbuat dari 6 batang kayu segawe (Adentahera microsperma) yang memang dipilih karena kualitas kayunya yang terbukti kokoh dan kuat serta tahan terhadap air hujan dan panas terik. Kayu tersebut berasal dari dalam afdeling tanah manis, kebun gunung gumitir.

Pembuatan kursi raksasa ini dikerjakan oleh 3 orang, namun pada saat merakit diperlukan setidaknya 10 orang. Proses pembuatan yang dimulai pada tanggal 15 agustus 2011 dan selesai pada tanggal 20 september 2011.

Menurut salah satu orang (pembuat), yang paling sulit adalah saat proses merakit potongan kayu, yakni harus dengan bantuan katrol dan 10 orang tadi, hingga akhirnya bisa berdiri.

Banyak pengunjung yang berfoto disini, karena bentuk kursi yang terlihat unik dan keren bila dijadikan background. Dengan adanya kursi raksasa ini, cafe & rest area yang juga bisa disebut sebagai agrowisata ini, pengunjungnya semakin meningkat.

Banyak pengunjung yang mengira kursi raksasa itu terbuat dari cor semen yang di lapisi/ditutup papan kayu. Namun setelah meraba dan melihat di lokasi, baru mereka percaya sepenuhnya bahwa sebenarnya kursi tersebut terbuat dari kayu utuh.

Cafe gumitir

cafe gumitir
gumitir.com

Setelah puas menikmati pemandangan dan melihat kebun kopi robusta seluas 1.165 hektare, Anda bisa menikmati makanan di cafe gumitir. Menu yang disajikan seperti bebek goreng, sup iga, sup kikil, sambal setan, sayuran hijau, rawon, nasi goreng.

Sedangkan untuk minuman ada aneka jus, es degan dan yang paling menonjol tentunya kopi dan teh asli produk PTPN XII. Ada kopi luwak dan kopi lanang.

Terdapat cafe mungil dengan konsep gazebo dan sebuah induk cafe yang saling terhubung dengan jalan setapak. Ada dua pilihan, yakni lesehan dan pakai meja.

Cafe & Rest Area Gumitir memang indah, mampu menghilangkan kelelahan setelah perjalanan panjang.

(wisata gumitir)

0 Response to "Kursi Raksasa di Cafe & Rest Area Gumitir, Wisata Indah di Perbatasan Jember - Banyuwangi"

Post a Comment