Intip Pemandian Alami Wendit Water Park Kota Malang

Wisatawasati - Banyak sekali wisata pemandian di Indonesia ini, entah itu pemandian buatan maupun alami. Namun, jika kita ingin menikmati pemandian alami langsung dari sumbernya, tak ada salahnya jika kita ke wendit water park di kota Malang.

Mendit, begitulah dulu orang sering menyebutnya. Ya, nama ini memang kian melekat sampai sekarang. Masyarakat Malang dan penduduk sekitar lebih suka menyebut pemandian wendit dengan "mendit", karena lebih enak dalam pengucapan.

Dulu wendit sering sekali dijadikan sebagai tujuan utama untuk tempat berenang, karena dulu pemandian wendit (pada pintu belakang) masih terbuka, jadi banyak sekali orang-orang yang dengan mudah bisa keluar masuk ke sini tanpa tiket masuk. Hanya sedikit menyeberang "kali" yang dalamnya hanya seperut orang dewasa, sudah bisa menikmati pemandian di dalam wendit.

Selain itu, pemandian wendit juga kerap kali digunakan untuk mencuci karpet, alasannya karena tempatnya yang luas sehingga memudahkan pencucian, juga memiliki air yang melimpah yang mengalir. Banyak juga yang mencari ikan disini dengan cara memancing ataupun menjaringnya. Tumbuhan air seperti kangkung juga banyak sekali disini.

Intip Pemandian Alami Wendit Water Park Kota Malang


Itu dulu sebelum wendit mengalami pemugaran. Pada tahun 2006-2008 wendit direnovasi dan pada tahun 2008 resmi dibuka untuk umum dengan nama lebih modern. Ya, Wendit sekarang mempunyai nama "wendit water park". Merupakan salah satu wisata air dan wisata pemandian yang ada di
Malang.


Lokasi: Desa mangliawan, kecamatan pakis, kabupaten Malang. Letaknya sangat strategis berada di tepi jalan raya arah Malang-Tumpang (arah ke gunung Bromo dan Semeru). Juga berada di dekat bandara Abdulrahman Saleh yang hanya berjarak sekitar 4-5km. Untuk yang memakai jasa angkutan umum bisa naik TA (tumpang-arjosari) dari arjosari

Asal nama wendit dan asal usul pemandian wendit

Mendit atau Taman wisata air wendit yang kini semakin modern dengan sebutan "wendit water park", mempunyai sejarah dibalik namanya, yaitu "wendit". Menurut beberapa sumber sejarah mengungkap bahwa nama "wendit" ini berasal dari kata "wendito" yang berarti pendito atau pendeta.

Asal-usul pemandian wendit terjadi karena adanya pergeseran Gunung Widodaren yang merupakan salah satu gunung dalam gugusan pegunungan bromo. Karena pergeseran itu lereng menjadi curam sehingga membuat masyarakat suku tengger kesulitan untuk mengambil air suci yang berada di mata air widodaren.

Karena itulah akhirnya para pendito atau pendeta bersemedi kepada Sang Hyang Widhi Wasa di sekitar gunung widodaren agar mendapatkan petunjuk dimana letak percikan mata air widodaren mengarah.

asal nama wendit di wendit water park
image: teropongmalang.com

Petunjuk yang diminta pun datang, para pendito mendapatkan petunjuk bahwa percikan air widodaren mengarah ke Malang. Karena Malang begitu luasnya, akhirnya pendito mengambil bukit mangliawan sebagai tempat semedi.

Nama desa Mangliawan sendiri berasal dari cerita pewayangan Ramayana dengan tokoh hanoman. Cerita ini Cocok sekali dengan pemandian wendit yang memang terdapat beberapa spesies kera yang ada menghuni kawasan wendit. Hingga kini kera-kera ini tetap "happy" di tempat wisata ini.

Mata air yang keluar itu dinamakan wendito atau wendit sampai kini. Beberapa kepercayaan setempat meyakini bahwa air yang keluar dari mata air wendit memiliki beberapa khasiat, diantaranya menyembuhkan beberapa penyakit, awet muda dan enteng jodoh.

Jenis monyet di wendit water park

Wendit water park mempunyai acara khas saat bulan syawal, yaitu mendatangkan artis-artis lokal malang dan juga artis terkenal di Indonesia. Tradisi ini sudah lama ada, biasanya dengan mendirikan panggung di tengah pemandian (dulu).

Selain acara khas itu, ada yang unik dari wisata pemandian wendit ini, yaitu adanya banyak kera yang bebas berkeliaran di pepohonan. Di wendit ini memang banyak sekali pepohonan yang rindang, sehingga kera-kera terlihat nyaman dan bebas bergelantungan.

Monyet di wendit berjenis kera ekor panjang (macaca fascicularis). Jika berani, pengunjung bisa memberi makanan kepada monyet-monyet tersebut, seperti memberikan kacang atau pisang, karena jenis monyet disini tergolong jinak.

Intip Pemandian Alami Wendit Water Park Kota Malang
image: indah-haya.blogspot.com

Walaupun jinak, Anda juga diharuskan waspada, jika membawa makanan atau yang lain lebih baik ditaruh di dalam tas dan ditutup rapat.

Fasilitas di wendit water park

Wendit water park memang terkenal dengan pemandian alaminya. Airnya sangat bening dan terdapat beberapa ikan kecil.

Juga menyediakan beberapa fasilitas seperti kolam renang alami, kolam renang buatan untuk dewasa maupun anak-anak, water technology, waterboom, dll.

Juga terdapat bangku santai, warung-warung makan yang berjejer, gazebo, tempat parkir luas, dll.

fasilitas di wendit water park
image:indah-haya.blogspot.com

Selain itu masih ada wahana permainan seperti bom bom car, carousel, sepeda air dan juga worm coaster. Juga terdapat toko oleh-oleh cinderamata khas wendit.

Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang dipenuhi pohon-pohon rindang dengan udara yang pastinya sejuk.

Beberapa peninggalan sejarah berupa arca kuno juga tersebar di sekeliling pemandian wendit.

Harga tiket di wendit water park

Walaupun bermunculan wisata baru di Malang yang begitu cepat diminati, namun wendit water park tetap eksis sampai sekarang dan masih sangat diminati karena harga tiketnya sangat terjangkau.
Selain itu harga makanan disini juga murah, harga yang sudah umum, seperti bakso, nasi goreng, es degan, es campur.

Harga tiket:
• Dewasa: Rp 10.200,-
• Anak-anak: Rp 5.200,-

Buka: hari senin - kamis 08.30 WIB - 16.00 WIB, hari jumat libur.
Hari minggu dan hari libur nasional buka jam 08.30 WIB - 17.00 WIB

0 Response to "Intip Pemandian Alami Wendit Water Park Kota Malang"

Post a Comment