Monumen Simpang Lima Gumul Kediri, Serasa di Perancis

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri, Serasa di Perancis

Wisatawasati - Di kediri ada monumen yang cantik, indah dan cukup megah untuk sekedar menghabiskan hari libur Anda. Monumen itu bernama Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen yang desainnya mirip L'Arc de triomphe Paris ini menjadi icon di kawasan tersebut dan selalu ramai pengunjung.

Simpang Lima Gumul (SLG) mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008, yang digagas oleh bupati kediri saat itu. Berjarak 6 km dari pusat kota. Perjalanan dari pusat kota membutuhkan waktu 10 menit.

Monumen indah ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, Jawa timur. Lebih tepatnya di pusat pertemuan lima jalan yang menuju Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosokaten Kediri. Kawasan ini dahulu bernama Proliman.

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa monumen Simpang Lima Gumul dibangun karena terinspirasi dari Jongko Jojoboyo, raja dari kerajaan kediri abad ke-12 yang ingin menyatukan lima wilayah di kabupaten kediri.

Selain sebagai icon sebuah kota, monumen SLG ini juga menjadi pusat ekonomi dan perdagangan baru di kabupaten kediri, sehingga diharapkan perekonomian di kabupaten kediri semakin maju.

Monumen SLG berada di kawasan strategis yang dilengkapi beragam sarana umum, seperti gedung pertemuan, bank daerah, gedung serbaguna dan juga sarana rekreasi keluarga seperti Wisata air Water Park Gumul Paradise Island.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri, Serasa di Perancis

Selain itu, di setiap sisi monumen ini Anda akan menemui arca ganesha yang merupakan simbol pengetahuan dan kecerdasan. Juga sebagai simbol kebijaksanaan dan penolak bala atau pelindung. Ada juga pahatan relief yang menceritakan sejarah kabupaten kediri. 

Tentunya masih banyak fasilitas dan sarana lain di sekitar/ di dalam monumen Simpang Lima Gumul ini.

Bagi Anda yang datang kesini tentunya akan ada pengalaman menarik karena seolah kita berada di L'Arc de triomphe Paris Prancis. Selain sebagai tempat narsis, kita bisa bersantai menikmati keindahan dan kemegahan bangunan monumen ini. Juga bisa bersepeda bagi Anda yang hobi bersepeda. Monumen simpang lima gumul memang mantap untuk liburan Anda dan keluarga.

0 Response to "Monumen Simpang Lima Gumul Kediri, Serasa di Perancis"

Post a Comment