Wisata Goa Pindul Jogja, Wisata Goa Yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

image : initempatwisata.com

Wisatawasati - Salah satu object wisata di jogja yang selalu menjadi bahan pembicaraan di kalangan para pecinta wisata adalah goa pindul. Goa pindul jogja termasuk destinasi wisata yang populer dari kabupaten gunung kidul, Yogyakarta.

Daya pikat utama dari goa pindul terletak pada aliran sungai bawah tanah yang berada di sepanjang goa. Saat Anda masuk kedalam, Anda akan melihat keindahan alam goa pindul yang terbentuk secara alami.

Menurut beberapa pihak, goa ini merupakan goa dengan stalakmit terbesar ke-4 di dunia. Jika itu memang benar, tentunya akan menjadi prestasi tersendiri nama goa pindul di mata dunia.

Goa pindul mulanya hanya goa yang tak terawat

Goa pindul tidak langsung menjelma menjadi tempat wisata yang indah. Goa yang baru diresmikan tahun 2010 oleh bupati gunung kidul ini awalnya hanya sebuah goa yang berisi ribuan kelelawar yang tidak terawat.

Mahasiswa yang sedang KKN di desa beji (tempat goa pindul berada), dibantu warga setempat bekerjasama membersihkan goa ini sehingga menjadi object wisata goa yang indah dengan pesona sungai bawah lautnya.

Asal-usul nama goa pindul

Ada dua versi legenda turun-temurun mengenai kisah atau asal usul goa pindul.
Kisah pertama menceritakan bahwa dahulu kala ada seorang pemuda bernama joko singlunglung yang sedang melakukan perjalanan berat untuk mencari ayahnya. Dikatakan berat karena perjalanan pemuda ini penuh rintangan dan tantangan.

Pemuda ini harus berjalan melewati hutan belantara, sungai-sungai deras, hingga goa-goa yang gelap gulita.

Wisata Goa Pindul Jogja
image: teropongmalang.com

Suatu saat dalam perjalanannya menelusuri beberapa goa, pemuda ini mendapat kecelakaan kecil yakni kepalanya terbentur sebuah batu besar yang ada di dalam sebuah goa, dinamakanlah Goa Pindul sampai srkarang. Pindul sendiri adalah singkatan dari pipi gebendul (dalam bahasa jawa) yang artinya pipi terbentur.

Versi kedua mengisahkan perjalanan ki juru mertani dan ki ageng pemanahan yang diutus oleh panembahan Senopati di Mataram untuk membunuh Mangir Wonoboyo dari Mangiran, bantul (putri panembahan Senopati). Namun ki juru mertani dan ki ageng pemanahan tidak tega membunuh bayi tersebut sampai akhirnya pergi ke arah timur dengan membawa bayi menuju gunungkidul, hingga tiba di daerah karangmojo.

Sampai di karangmojo, mereka menggelar tikar dan alas untuk persalinan bayi tersebut, tetapi si bayi terus menangis hingga akhirnya salah satu dari mereka memutuskan untuk memandikannya. Salah satu dari mereka (ki juru mertani) naik ke atas bukit, lalu dengan kesaktiannya diinjaklah bukit tersebut sehingga menyebabkan terbentuknya lubang besar dengan aliran air di dalamnya.

Kemudian bayi tersebut dibawa turun dan dimandikan. Pada saat itu tanpa disadari pipi sang bayi terbentur batu, akhirnya tempat itu dinamakan Goa pindul.

Wisata goa pindul jogja

Goa pindul jogja juga merupakan bagian dari panca wisata yang dimiliki oleh desa bejiharjo di kabupaten Gunungkidul. Desa bejiharjo sendiri pernah mendapatkan predikat Desa wisata terbaik nasional dari kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif(Kemenparekraf), tepatnya pada tahun 2012. Hal ini tentunya berdampak positif bagi desa tersebut.

Wisata alam goa pindul memang terkenal dengan sungai bawah tanahnya. Wahana ini merupakan keunggulan dari wisata goa pindul jogja. Jika berwisata kesini, Anda akan menemukan kegiatan yang populer dengan sebutan "cave tubing" yang berdurasi selama kurang lebih 45 menit sampai 60 menit.

Jika Anda belum tahu apa itu "cave tubing", cave tubing adalah suatu kegiatan menyusuri goa sepanjang 350 meter dengan menggunakan ban, jaket, dan sepatu yang tentunya sudah disediakan pihak pengelola goa pindul yang mana tujuannya untuk mengeksplorasi pesona goa yang terkenal dengan sungai bawah tanahnya tersebut. Harga yang ditawarkan untuk cave tubing cukup terjangkau, hanya Rp 35.000,- saja, cukup murah bukan?

Wisata Goa Pindul Jogja, Wisata Goa Yang Tak Pernah Sepi Pengunjung
image:teropongmalang.com

Sebelum menyusuri goa, para pemandu wisata sudah siap menjalankan tugasnya. Mereka sesekali akan menjelaskan hal-hal apa saja yang tidak boleh dan boleh dilakukan. Setiap kelompok diurusi oleh 2 orang pemandu dan harus saling berpegangan pada tali ban agar tidak tercecer. Para pemandu juga akan memberikan informasi mengenai 3 zona berbeda yang ada di dalam goa pindul, yakni zona terang, zona remang dan zona gelap abadi.

Saat berada di dalam goa, suara khas penghuni asli goa (kelelawar) dengan kepakan sayapnya semakin menambah semangat dan sensasi tersendiri, ditambah suasana alam stalagmit dan stalaktit ciptaan-Nya yang luar biasa indah. Ini adalah sebuah pengalaman wisata goa yang unik dan menarik.

Selain goa pindul dengan pesonanya yang menawan, Anda juga dapat menikmati sungai banyumoto yang juga merupakan tembusan dari goa pindul serta kali oyo yang berada di sebelah utara goa pindul.

Goa pindul adalah object wisata yang tak pernah sepi

Menurut para pihak pengelola disini dan menurut para pengunjung yang sering datang, goa pindul tidak pernah sepi para pengunjung, selalu membludak bahkan pernah tersebar beberapa foto saat wisata goa pindul overload.

Goa pindul merupakan object wisata dengan daya tarik yang sangat luar biasa. Tempat ini selalu dipadati para wisatawan yang ingin merasakan dan melihat pesona goa pindul.

Banyak wisatawan-wisatawan dari luar kota yogyakarta yang rela datang jauh-jauh untuk berwisata ke goa ini. Dan mereka juga rela berdesak-desakan, "uyel-uyelan", antri yang cukup panjang untuk masuk goa ini. Sungguh pengalaman yang tak kan terlupakan, apalagi jika datang bersama keluarga, tentunya menjadi moment yang indah.

Untuk mengabadikan moment-moment indah Anda, di goa pindul jogja ini juga disediakan jasa memotret, yang mana harganya Rp 200.000,- per paket memakai kamera DSLR milik si "pengelola". Dengan adanya jasa tukang potret, Anda tak perlu repot-repot memotret sendiri yang akan memakan waktu berwisata Anda.

0 Response to "Wisata Goa Pindul Jogja, Wisata Goa Yang Tak Pernah Sepi Pengunjung"

Post a Comment